Ombak tsunami menerjang kawasan Iquique di pesisir utara Chile

Iquique - Ombak tsunami menerjang kawasan Iquique di pesisir utara Chile beberapa menit usai gempa berkekuatan tinggi 8,2 skala Ritcher (SR) pada Selasa 1 April 2014 malam waktu setempat. Akibatnya sejumlah orang terluka dan beberapa rumah rusak. Namun belum diketahui pasti jumlah korban berapa.

Saat kejadian, seperti dimuat New York Post, Rabu (2/4/2014), sejumlah warga panik dan berhamburan ke luar rumah dan hotel. Ketika itu pula, tanah longsor terjadi di beberapa jalan. Sehingga jalan pun macet tak terkendali.

Badan Geologi Amerika Serikat melaporkan gempa sangat dangkal dengan kedalaman 10 km terjadi di bawah dasar laut dengan, tepatnya di titik 99 km barat laut pelabuhan pertambangan Iquique, dekat perbatasan Peru, sekitar pukul 20.46 waktu setempat.

"Gempa itu sangat kuat. Guncangannya sampai ke La Paz, ibukota Bolivia yang jaraknya 290 mil (sekitar 466 km). Ibukota seperti diguncang gempa 4,5 SR," ujar otoritas setempat seperti dimuat New York Post, Rabu (2/4/2014).

Pakar gempa Mario Pardo menjelaskan, gempa itu diikuti 8 kali guncangan hingga beberapa menit kemudian. Menurut dia, gempa susulan yang lebih besar berpotensial bisa terjadi.

Sebelum gempa dan tsunami beberapa warga telah dievakuasi dengan lancar. Namun masih ada sebagian warga yang berada di pesisir. Waktu itu, menurut perkiraan ahli, gelombang tsunami sekitar 6,5 meter akan menghantam permukiman penduduk. Kemudian tsunami dengan tinggi sekitar 2 meter lebih datang.

Selain di Chile, evakuasi juga dilakukan di negara tetangga, Peru. Tsunami dengan tinggi gelombang 2 meter melanda permukiman di Kawasan Ica, Pantai Boca del Rio. Sekitar 200 warga pun mesti angkat kaki dari rumahnya. Tak ada korban dalam musibah di Peru ini.

"Tak ada luka atau kerusakan. Lampu sempat padam, tapi kini sudah hidup kembali," jelas Kepala Polisi setempat di Peru Kolonel Enrique Blanco.

Peringatan tsunami dikeluarkan oleh Badan Peringatan Tsunami Pasifik untuk semua penduduk di pantai Pasifik Amerika Latin. Badan Keselamatan Darurat Chile pun memperingatkan tsunami akan melanda Pulau Robinson Crusoe dan Kepulauan Juan Fernandez, Chile.

Otoritas di Negara Bagian Hawaii, Amerika Serikat menyatakan pihaknya tengah bersiaga lantaran kerap terjadi gelombang tinggi di pantai Hawaaii. Namun otoritas Hawaii belum mengeluarkan peringatan tsunami.

Chile merupakan salah satu negara yang rawan gempa. Gempa berkekuatan 8,8 SR pernah melanda negara tersebut pada 2010 Akibatnya lebih dari 500 orang tewas dan 220 rumah hancur. Gempa terkuat berkekuatan 9,5 SR juga pernah melanda Chile pada 1960, mengakibatkan lebih dari 5.000 orang tewas. 

Sumber : Liputan6.com

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Dasar Dasar Pemrograman dan Struktur Dasar Bahasa Pemrograman Pemula

Mengenal Dasar-Dasar Adobe Premiere dan Kegunaan Tools Pada Adobe Premiere

Tutorial Membuat Kalkulator Dengan Visual Studio 2012