Mengenal Dasar-Dasar Microsoft Word dan Kegunaan Tools Microsoft word 2007 - 2013

Microsoft Office Word merupakan perangkat lunak andalah Microsoft yang berfungsi sebagai pengolah kata. Banyak terdapat fasilitas dalam software ini, yang mampu menunjung berbagai keperluan bagi para penggunanya, mulai dari pengetikan text, penyusunan naskah atau pun proposal, laporan, karya ilmiah, surat lamaran kerja dan pembuatan diagram atau tabel serta menyisipkan berbagai objek gambar dalam tulisan.
Dalam catatan sejarah, microsoft office wordpertama kali diterbitkan sekitar tahun 1983, dimana pada waktu itu namanya Multi-Tool Word untuk Xenik. Seiring dengan perkembangannya, maka munculah versi-versi terbaru lainnya untuk berbagai sistem operasi, seperti DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIK, OS/2, dan Microsoft Windows (1989) dan setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003, 2007 sampai versi terbaru 2013, kemudian diberi nama Microsoft Office Word.
Microsoft word 2013 adalah software pengolah kata perkembangan baru dari Ms word sebelumnya. Disini di tipsmsword2013.blogspot.com akan membahas tentang Tutorial Dasar Microsoft Word 2013. Diantara kalian yang belum terlalu mengenal Microsoft word 2013, pasti sedikit bingung, bagaimana cara mengoperasikan software pengolah kata ini.

Di Microsoft Word 2013 ini telah menyediakan beberapa fitur online, seperti penyimpanan file di SkyDrive, gambar online, atau video online. Selain itu ada fitur terbaru juga untuk melengkapi MS word 2013 ini.


Jika kalian masih bingung atau pemula di MS word 2013 ini, saya akan memberi Tutorial Dasar Memahami Microsofft Word 2013. Hal yang harus pertama kali kalian tahu adalah,mempunyai softwere MS word 2013, setelah itu yang terpenting adalah Memahami Lembar Kerja MS word 2013. 

Pada gambar dibawah ini menunjukkan lembar kerja MS Word 2013, dan penjelasannya secara rinci serta mudah dimengerti.
Tampilan lembar kerja MS 2013
Tampilan lembar  kerja microsoft word 2013

Untuk penjelasan bagian-bagian dalam lembar kerja MS Word 2013 adalah sebagai   berikut :


> Menu Tab, berisi tentang grup-grup dan di dalam grup berisi tentang tombol-tombol perintah yang terdapat dalam MS Word 2013, antara lain :


  • Tab Home, berisi tombol-tombol perintah yang biasa dipakai untuk format dokumen.
tab home
Tampilan tab home MS word 2013
  • Tab Insert, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan objek, seperti: Picture (gambar), Shape, SmartArt, Chart, Screenshot untuk mengambil gambar dari program, dan sebagainya.
tab insert MS word 2013
Tampilan tab insert  Ms Word 2013


  • Tab Design, berisi tentang tombol-tombol perintah untuk pemberian efek tema (theme) pada lembar kerja dokumen, serta warna dan border halaman lembar kerja.
Tab design MS word 2013
Tampilan tab design MS 2013


  • Tab Page Layout, berisi tentang tombol-tombol perintah untuk pengaturan tata letak halaman dan format paragraf.
Tampilan tab page layout 2013


  • Tab References, berisi tentang tombol-tombol perintah untuk membuat daftar isi, catatan kaki (footnote), index, dan sebagainya.
Tampilan tab references MS word 2013


  • Tab Mailings, berisi tentang tombol-tombol perintah untuk mengolah surat massal, label, serta amplop.
Tampilan tab mailings MS word 2013


  • Tab Review, berisi tombol-tombol perintah yang berisi pengaturan lembar kerja MS word 2013 yang meliputi Spelling, translate, comment (komentar), Proteksi data, dan sebagainya. 
Tampilan tab review MS word 2013

  • Tab View, berisi tombol-tombol perintah untuk mengatur tampilan halaman, ukuran, atau ukuran jendela.
Tampilan tab view MS word 2013


> Group, bagian yang berisi sekumpulan tombol-tombol perintah yang terletak di dalam tab.

> Quick Access Toolbar, merupakan toolbar standar yang berisi tombol perintah yang paling sering digunakan, seperti : tombol Save, Undo, dan Redo. Kalian juga bisa menambahkan tombol-tombol perintah lain yang mungkin sering kalian gunakan.

Icon  Kotak Dialog, terletak di sebelah kanan group, icon tersebut berfungsi untuk membuka kotak dialog, dan menampilkan lebih banyak pilihan dari group yang berkaitan.

> Title Bar, merupakan judul lembar kerja yang sedang aktif atau sedang dibuka.

> Collapse the Ribbon, digunakan untuk menyembunyikan tombol-tombol perintah dalam tab-tab MS Word 2013, sehingga yang di tampilkan hanya nama-nama tab.

> Tanda Tabulasi, merupakan tombol pengaturan jarak paragraf dari posisi margin kiri. 

> Ruler/mistar, fitur ini berfungsi untuk mengatur ukuran tampilan dokumen.

> Lembar Kerja, bagian untuk mengetik dan mengolah kata, dokumen ataupun text.

> Status Bar, fitur yang berisi informasi tentang halaman yang sedang aktif, seperti nomor urut halaman atau jumlah halamannya..

> Zoom Level, fitur yang berisi tombol-tombol perintah untuk mengatur besar kecilnya tampilan lembar kerjanya.

> Pengatur Tampilan Lembar kerja, bagian yang berisi tombol-tombol perintah untuk mengatur tampilan lembar kerja dokumen Microsoft word 2013.

Tools Tab Ms Word | Fungsi Toolbar Review Microsoft Word 2007


Memeriksa kembali document yang sudah anda buat sangat penting karena agar pembaca tidak kebingungan dalam mengerti apa maksud dari document yang dibuat, oleh karena itu tool atau alat pada tab Review dapat membantu anda berikut penjelasannya

Tab Review Ms Word 2007
Tab Review

A. Group Proofing

Proofing yang memiliki arti pemeriksaan berfungsi untuk mengecek penulisan isi document, tool atau alat yang ada pada group proofing berfungsi untuk memeriksa isi document seperti kesalahan pengejaan, mengatur bahasa ejaan atau menghitung jumlah kata yang ada pada isi document, tidak hanya itu tool atau alat yang ada pada group Proofing juga dapat berfungsi untuk menterjemahkan kata atau menganti suatu kata dengan kata yang memiliki arti yang sama, pada group Proofings terdapat 7 tool atau alat yang dapat anda gunakan untuk memeriksa isi document

Tab Review Ms Word 2007
group Proofing

berikut penjelasan dari tool atau alat yang ada pada group proofing :
1. Spelling & Grammar
berfungsi untuk mengecek pengejaan kata pada isi halaman document
2. Research
berfungsi untuk membuka panel pencarian seperti kamus, ensiklopedi, atau pelayanan terjemahan
3. Thesaurus
berguna untuk mencari kata lain yang memiliki arti yang sama
4. Translate
berfungsi untuk menterjemahkan kata kebahasa lain
5. Translation ScreenTip
mengganti bahasa masukkan pada kursor terakahir berhenti
6. Set Language
mengatur bahasa masukkan yang digunakan untuk mengecek pengejaan bahasa
7. Word Count
berfungsi untuk menghitung berapa jumlah kata yang ada pada document

B. Group Comment

Comment pada microsoft word 2007 berfungsi sebagai catatan kecil yang berguna untuk sebagai pengingat, anda dapat memasang komentar pada kata atau kalimat yang ingin diberikan catatan tambahan, komentar dapat berupa kata atau kalimat bahkan paragraf, komentar yang anda buat dapat anda hapus atau menambahkannya, pada group comment terdapat 4 tool atau alat yang anda dapat gunakan untuk membuat comment

Tab Review Ms Word 2007
group Comments

berikut penjelasan dari tool atau alat pada group comment :
1. New Comment
menambahkan comment pada kata atau kalimat yang di pilih
2. Delete
berfungsi untuk menghapus comment
3. Previsious
berfungsi untuk mengarahkan ke comment yang sebelumnya
4. Next
berfungsi untuk mengarahkan ke comment yang selanjutnya

C. Group Tracking

Ketika anda sudah menyelesaikan pembuatan document lalu ada orang yang merubahnya tanpa sepengetahuan anda tentu hal ini akan sangat menyebalkan, karena file document yang anda sudah buat rapih dan bagus menjadi berantakan kembali atau ada isi yang hilang, anda tidak perlu khawatir karena pada Microsoft Word 2007 terdapat tool atau alat yang dapat digunakan untuk melacak perubahan yang terjadi pada document, anda dapat melihat perubahan yang terjadi pada isi halaman document pada tab review yang ada pada group tracking

Fitur tracking ini hanya dapat anda gunakan jika file document anda sudah dibuat Track changenya, jadi ketika anda sudah membuat document anda dapat memasang track change lalu menyimpannya, pada group tracking ini terdapat 5 tool atau alat yang anda dapat gunakan untuk melacak perubahan yang terjadi pada isi halaman document

Tab Review Ms Word 2007
group Tracking

berikut penjelasan tool atau alat yang ada pada group tracking :
1. Track Changers
untuk mencari tahu perubahan yang terjadi pada document
2. Balloons
berfungsi untuk menandai perubahan pada document
3. Display for Review
untuk mengganti tampilan view perubahan isi document yang ada
4. Show Markup
mengatur apa saja yang di tunjukkan dari perubahan isi document, bisa penghapusan kata, pemformatan, dan lainnya
5. Reviewing Pane
menunjukkan perubahan pada jendela yang lain, sehingga anda dapat membandingkan dengan file yang belum dirubah

D. Group Changes

Perubahan yang terjadi pada isi document tentu dapat di kembalikan seperti sebelum di rubah, pada group Changes anda dapat menyetujui atau menolak perubahan yang terjadi pada isi document anda, atau anda dapat melihat-lihat perubahan yang ada pada isi halaman document, pada group changes terdapat 4 tool yang dapat anda gunakan untuk mengatur perubahan yang terjadi pada isi halaman document

Tab Review Ms Word 2007
group Changes

berikut penjelasan tool atau alat yang ada pada group changes :
1. Accept
untuk menyetujui perubahan isi document
2. Reject
untuk menolak perubahan isi document
3. Previsious
melihat perubahan sebelumnya
4. Next
melihat perubahan sesudahnya

E. Group Compare

Compare yang berarti membandingkan, pada group ini anda dapat mengabungkan 2 versi document yang berguna untuk membandingkan, jadi jika pada document anda terdapat perubahan isi document sehingga terdapat dua versi, anda dapat menggabungkan 2 versi document yang ada, anda juga dapat menampilkan salah satu dari peruhabahan atau original file document anda, pada group compareterdapat 2 tool atau alat

Tab Review Ms Word 2007
group Compare

berikut penjelasan tool atau alat yang ada pada group compare :
1. Compare
menggabungkan antara dua versi document, baik versi yang sudah dirubah atau yang belum dirubah
2. Show Source Documents
untuk menujukkan asal document yang sudah di rubah

F. Group Protect

Setelah anda membuat document anda dapat melindungi file document anda, ini berfungsi agar orang lain tidak dapat merubah isi halaman document anda, microsoft word 2007 sendiri menyediakan fitur untuk mengunci file document anda, fitur tersebut berada pada tab review lalu pada group Protect, pada group protect terdapat 1 tool atau alat

Tab Review Ms Word 2007
group Protect

berikut penjelasan tool atau alat pada group Protect :
1. Protect Document
berfungsi untuk mengunci document

untuk selanjutnya anda dapat melihat pada Fungsi Tab View Ms Word 2007

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Dasar Dasar Pemrograman dan Struktur Dasar Bahasa Pemrograman Pemula

Mengenal Dasar-Dasar Adobe Premiere dan Kegunaan Tools Pada Adobe Premiere

Tutorial Membuat Kalkulator Dengan Visual Studio 2012