Mengenal Dasar Dasar Pemrograman dan Struktur Dasar Bahasa Pemrograman Pemula

Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Yang Wajib Diketahui
Dasar-dasar Pemrograman

Mengenal dasar-dasar pemrograman yang wajib diketahui-memasuki dunia yang serba canggih ini tentunya membuat kita semakin terbantu akan kemajuan teknologinya yang serba pesat. seperti contohnya jika agan atau sista dirumah ingin berbelanja tetapi sangat malas untuk pergi keluar (Misalkan sedang sakit) maka agan tidak perlu ribet-ribet untuk menyuruh orang lain, karena sekarang bisa dengan mengunjungi salah satu website online shop dengan cara mengklik dan bayar, contoh lainnya misalkan agan ingin pergi ke sebuah tempat dengan terburu- buru dan tidak bisa berlama-lama mencari kendaraan ojek, karena kemajuan teknologi saat ini sudah begitu pesat, maka kita bisa menggunakan aplikasi ojek online yang sangat membantu agan dalam mencari kendaraan menuju tempat. Itulah contoh kemajuan teknologi dalam bidang website dan aplikasi yang banyak digunakakan saat ini, nah jika ngomong-ngomong soal website dan aplikasi pasti agan-agan dirumah sudah tahu kan begitu rumitnya dalam pembuatan kedua hal tersebut, apalagi jika masih pemula seperti saya. Kenapa membuat website dan aplikasi itu sulit ?, karena menurut admin untuk membuat sebuah website atau aplikasi, kita perlu memahami bahasa-bahasa pemrograman yang cukup rumit bahkan perlu bertahun-tahun untuk mempelajarinya. tapi tenang, asalkan punya keinginan untuk belajar dan keyakinan yang kuat, admin yakin tidak butuh waktu lama untuk memahami dan mempraktekannya. Seperti semua orang pada umumnya jika kita ingin belajar maka harus dimulai dari dasarnya, oleh karena itu mari kita mengenal dasar-dasar pemrograman yang wajib diketahui dalam artikel ini yang sudah admin rangkum.

Menurut salah satu media terpercaya Wikipedia, pemrograman adalah suatu proses menulis, menguji dan memperbaiki debug, dan memelihara kode dalam membangun suatu program komputer. Proses menulis yang dimaksud ialah penulisan kode syntax yang sesuai dengan bahasa pemrogramannya. Untuk agan-agan yang baru mengenal dunia pemrograman pasti bertanya-tanya, apa itu syntax ?, bagaimana cara kerjanya ?, tapi jangan bingung dulu gan, nanti semuanya akan admin bahas kok. nah secara umum konsep dasar pemrograman adalah IPO (Input Proses Output) dan kemudian dikembangkan menjadi beberapa tahap siklus pengolahan data. Untuk lebih jelasnya bisa agan simak dibawah ini.


Struktur Dasar Bahasa Pemrograman


1.Siklus pengolahan data pada komputer

Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Yang Wajib Diketahui

A. Origination
merupakan tahap yang berhubungan mengenai proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (Recording) data ke dokumen dasar.



B. Input
merupakan tahap proses memasukan data ke dalam perangkat komputer lewat alat input/ input device



C. Processing
merupakan tahap pengolahan data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemrosesnya, yang bisa berupa proses menghitung, membandingkan, mengurutkan, mengklasifikasikan, mengendalikan atau mencari storage.



D. Output
merupakan tahap proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output/ output device, yang berupa informasi.



E. Distribution
merupakan tahap proses distribusi output kepada pihak yang membutuhkan informasi.



F. Storage
merupakan tahap proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (Storage). Hasil pengolahan yang disimpan pada storage dapat digunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.


2. jenis-jenis tipe data/ data type

A. Tipe data primitive (Sederhana)
merupakan tipe data yang mampu menyimpan suatu nilai tiap satu variabel, tipe data ini juga bisa disebut sebagai tipe data dasar yang sering dipakai oleh program.

Tipe data dasar dibagi menjadi beberapa bagian yakni :
  • numerik, penyimpanan data berupa angka.
  • Enumerasi, suatu urutan list dari beberapa nilai yang berbeda.
  • Boolean, tipe data yang mempresentasikan True atau False.
  • Character, tipe data yang menyimpan rangkaian karakter.

B. Tipe data Terstruktur
merupakan tipe data campuran dari beberapa tipe data dasar.

C. Tipe data Pointer
merupakan variabel khusus yang berisi suatu address (Alamat) di lokasi lain dalam memori. 

Tipe data ponter juga memiliki du macam yaitu:
  • typed, yaitu pointer yang menunjukan pada tipe data tertentu pada variabel.
  • generic, yaitu pointer yang tidak menunjukan tipe data tertentu pada variabel.


3. Faktor penting dalam bahasa pemrograman

A. Sintaks
merupakan aturan penulisan tata bahasa yang dimengerti komputer.

B. Semantik
merupakan definisi arti dari program yang benar secara sintaks dalam bahasa tersebut.

C. Kebenaran logika
merupakan sesuatu yang berhubungan dengan benar atau tidaknya urutan statement.


4. macam-macam tipe bahasa pemrograman

Selain ketiga hal di atas agan juga diwajibkan untuk mengenal tipe-tipe bahasa pemrograman, yang sangat dibutuhkan dalam membuat sebuah program. adapun tipe-tipe bahasa pemrograman tersebut akan admin bahas secara singkat diantaranya :

A. Procedural Programming (pemrograman prosedural)
berupa Algoritma yang berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah

B. Structured Programming (Pemrograman Terstruktur)
merupakan tipe data yang dapat digunakan untuk menampung lebih dari satu data dalam variabel sehingga mudah untuk saling berhubungan dan bisa disusun dalam satu struktur.

C. Modular Programming (Pemrograman Modular)
merupakan pemrograman yang besar serta cenderung sulit dan banyak bagian dengan hubungan yang rumit.

D. Function Programming (Pemrograman Fungsional)
merupakan suatu bahasa yang mana setiap ekspresi disusun atas fungsi panggilan, bukan pernyataan.

E. OOP/Object Oriented Programming (Pemrograman Berorientasikan Objek)
merupakan paradigma pemrograman yang popular hingga saat ini yang telah menggantikan teknik pemrograman berbasis prosedur.

F. Pemrograman Visual
merupakan pemrograman yang menggunakan ekspresi visual seperti grafik, gambar, dan ikon. Bahasa.



5. Aspek Pemrograman

Untuk suatu pembuatan program dan pengolahan data di perlukan beberapa aspek-aspek pemrograman dasar diantaranya yaitu :

A. Software
Suatu rangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Contohnya, aplikasi software, sistem software, dll.

B. Hardware
Suatu rangkaian unsur-unsur yang terdiri atas beberapa perangkat keras komputer yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Contohnya, CPU, Harddisk, Ram, dll.

C. Brainware
Untuk yang satu ini beda dari kedua aspek diatas, karena brainware merupakan tenaga pelaksananya yang menjalankan serta mengatasi sistem unit komputer baik hardware maupun software didalam proses pengolahan data untuk menghasilkan informasi yang tepat dan akurat. Contohnya, Programmer, Operator, dll.



6. Kriteria Bahasa Pemrograman

A. Kewajaran untuk aplikasi
yaitu bahasa pemrograman harus mempunyai struktur data, operasi-opersasi , struktur kontrol dan syntax yang tepat untuk memecahkan suatu masalah.

B. Clarity, Simplicity dan Unity
yaitu kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan merupakan suatu kombinasi dasar yang membantu programmer mengembangkan suatu algoritma.

C. Kemudahan untuk verifikasi program
dengan verifikasi data yang mudah, maka suatu program akan dengan mudah dibangun dan juga dikembangkan.

D. Orthogonality
merupakan suatu atribut yang dapat dikombinasikan dengan berbagai fitur bahasa pemrograman sehingga setiap kombinasinya mempunyai arti dan dapat digunakan, portabilitas program.

E. Mendukung Abstraksi
merupakan suatu hal yang substansial bagi programmer untuk mencari suatu solusi dari masalah yang dihadapi.

F. Lingkungan pemrograman
lingkungan pemrograman dapat berarti editor yang digunakan ataupun tools lain yang dapat digunakan sebagai pihak ke tiga untuk memudahkan pekerjaan programmer.

G. Biaya penggunaan, terdiri dari :
  • biaya kompilasi program
  • biaya penciptaan, testing dan penggunaan program.
  • biaya eksekusi program
  • biaya pemeliharaan program


7. Tingkatan Bahasa Pemrograman

Salah satu instruksi untuk memerintah komputer atau yang lebih sering disebut Bahasa Pemrograman mempunyai tingkatan tersendiri, diantaranya yaitu :

A. Bahasa Tingkat Tinggi
Merupakan bahasa pemrograman generasi ke tiga, bahasa yang masuk tingkat ini adalah bahasa yang mendekati bahasa manusia dan sudah terstruktur dengan baik,. seperti contohnya, Visual Basic, Java, Pascal dan lainnya.

B. Bahasa Tingkat Menengah
Merupakan bahasa pemrograman generasi ke dua, dapat disebut tingkat menengah karena bahasa ini bisa masuk ke dalam bahasa tingkat tinggi ataupun rendah, . Seperti contohnya Bahasa C.

C. Bahasa Tingkat Rendah


Untuk bahasa pemrograman generasi pertama ini merupakan bahasa pemrograman yang sangat sulit dimengerti, karena perintahnya menggunakan bahasa mesin. Seperti contohnya SUB, CMP, JGE, dll.


Struktur Dasar Bahasa Pemrograman yang Perlu Diketahui Pemula

Struktur Dasar Bahasa Pemrograman header[Sumber: Flickr]
Belajar membuat program tentu tidak jauh-jauh dari yang namanya struktur dasar bahasa pemrograman, logika dasar pemrogramanalgoritma pemrograman, dan lain sebagainnya. Kesemuanya ini tentu harus kita pelajari dengan tepat dan cermat karena belajar pemrograman merupakan sebuah aktivitas membiasakan diri kita untuk membuat program, seperti halnya kita membiasakan diri untuk menggunakan bahasa untuk berbicara.
Belajar bahasa baru menuntut kita untuk sering menggunakan bahasa tersebut dan mempraktikannya sesering dan sebanyak mungkin. Selain agar tidak lupa, pembiasaan ini berguna agar seseorang dapat mengucapkan dengan tepat kata-kata yang sedang dipelajarinya.
Selain itu, ketika seseorang sedang belajar menggunakan bahasa baru, tentu orang tersebut harus belajar untuk menyusun kata-kata yang tepat, agar apa yang disampaikannya dapat terkomunikasikan dengan sempurna. Ini pun berlaku bagi orang-orang yang sedang belajar menulis baris-baris program, dengan menggunakan pilihan bahasa yang sesuai dengannnya.
Agar dapat menggunakan bahasa pemrograman sesuai dengan apa yang diinginkan, kita harus mengerti struktur dasar bahasa pemrograman yang tepat untuk digunakan. Semakin banyak pilihan bahasa pemrograman yang dipelajari, semakin banyak struktur yang harus dipelajari.
Setiap bahasa pemrograman memiliki struktur dasar bahasa pemrograman yang berbeda-beda, akan tetapi struktur tersebut dapat dimasukan dalam beberapa kategori. Beberapa kategori struktur dasar bahasa pemrograman yang dapat dipelajari oleh pemula adalah

Struktur runtutan

Struktur Dasar Bahasa Pemrograman 1[Sumber: Pexels]
Merupakan struktur algoritma paling dasar yang berisi rangkaian intruksi yang diproses secara sekuensial, yang artinya dikerjakan satu per satu , mulai dari intruksi pertama sampai intruksi terakhir artinya dimulai dari langkah pertama, kemudian kedua, ketiga, dan seterusnya hingga akhir. Pada dasarnya suatu program memang menjalankan suatu proses dari yang dasar seperti struktur seperti ini .
Setiap instruksi di dalam runtunan ditulis dalam satu baris, atau beberapa instruksi dalam baris yang sama tetapi antara setiap instruksi dipisahkan dengan tanda titik koma (;).
Berikut contoh runtutan dalam bahasa Java

Struktur Perulangan

Struktur Dasar Bahasa Pemrograman3[Sumber: Pixabay]
Kadang kala, saat menjalankan sebuah program, kita harus menjalankan sebuah perintah secara berulang-ulang, agar program dapat berjalan secara berkelanjutan. Struktur ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membuat sebuah program menjalankan baris-baris perintah secara berulang-ulang.
Dengan menggunakan struktur dasar bahasa pemrograman ini, seorang pembuat program dapat mengatur perintah-perintah dalam programnya agar berjalan secara berulang-ulang hingga pada suatu kondisi dimana syarat untuk perulangannya sudah tidak terpenuhi kembali.
Terdapat beberapa fungsi perulangan yang dapat digunakan untuk membuat struktur program ini, seperti For, While, dan While-do pada bahasa C++. Ketiga fungsi ini dapat digunakan untuk membuat sebuah program untuk menjalankan baris-baris perintah dalam syarat tertentu.
Sebagai contoh, berikut ini contoh pemrograman menggunakan fungsi perulangan For pada bahasa C++
Dalam contoh di atas, selama kondisi i <= 255 terpenuhi, nilai i tidak melebihi 255, maka perintah printf(“%d “,i) akan dijalankan oleh program tersebut. Dan apa bila sudah tidak terpenuhi maka program akan berhenti untuk menjalankan perintah tersebut.

Struktur Percabangan

Struktur Dasar Bahasa Pemrograman 2[Sumber: Wikimedia]
Membuat program juga tidak akan terlepas dari membuat sebuah pilihan dalam menjalankan perintah sesuai dengan syarat tertentu. Pembuat program dapat menggunakan struktur ini untuk membuat sebuah program dengan beberapa pilihan keputusan yang disesuaikan dengan syarat atau kondisi yang dikehendaki.
Sebagai contoh, saat kita akan membuat sebuah perangkat dengan beberapa tombol yang dapat digunakan untuk menyalakan lampu tertentu sesuai dengan tombol yang dipilih menggunakan salah satu board yang banyak beredar di pasaran, maka kita dapat menggunakan struktur percabangan ini.
Dalam kondisi di atas, kita dapat menggunakan fungsi If-Else atau Switch Case dalam bahasa pemrograman C untuk board Arduino. Sebagai contoh berikut ini contoh struktur percabangan dengan menggunakan fungsi If-Else untuk kasus yang telah disebutkan
Dengan baris-baris kode di atas maka lampu 1 akan menyala saat tombol 1 ditekan, dalam kode tersebut digitalRead(tombol1) == 1, dan lampu 2 akan mati. Dan sebaliknya, jika tombol 2 ditekan, maka lampu 1 akan mati dan lampu 2 akan menyala. Akan tetapi jika kedua tombol tidak ditekan, maka kedua lampu akan mati.
Membuat sebuah program merupakan aktivitas memilih struktur mana yang tepat untuk program tersebut. Sehingga seorang pembuat program harus mengetahui berbagai macam jenis struktur dasar bahasa pemrograman, sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.
Setelah mengetahui berbagai macam struktur dan fungsi yang dapat digunakan, pembuat program dapat memilih dan menentukan struktur mana yang tepat untuk program yang akan dibuat. Dengan struktur yang tepat maka program yang dibuat akan sesuai dengan yang diinginkan.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Dasar-Dasar Adobe Premiere dan Kegunaan Tools Pada Adobe Premiere

Tutorial Membuat Kalkulator Dengan Visual Studio 2012